Selasa, 16 Agustus 2016

 

Pada hari Selasa, 16 Agustus 2016, bakda shalat Isya, warga RT 02/07 berkumpul dalam acara malam tirakatan HUT RI yang ke-71, termasuk sebagian mahasiswa KKN IAIN Surakarta kel. 46 turut mengikuti tirakatan.


Seperti biasanya, malam tirakaran dipusatkan di Poskamling RT, dengan menutup akses jalan utama. Acara yang dimoderatori Bapak Danuri ini cukup khidmat dengan susunan acara sebagai berikut:

1. Pembukaan
2. Sambutan Ketua RT
3. Sejarah Kemerdekaan oleh Bp. Sutarto
4. Pembagian Hadiah Lomba
5. Makan bersama sekaligus pembagian doorprize Jalan Sehat
6. Penutup


 Acara dimulai. Pembukaan membaca basmalah dilanjut menyanyikan Lagu Indonesia Raya secara bersama yang dipandu oleh Mbak Risa (KKN), semua warga yang semula duduk dimohon berdiri untuk menyanyikan lagu kebangsaan dan dilanjut Lagu Nasional 17 Agustus 1945. Setelah lagu selesai semua serentak menyerukan teriakan MERDEKA.


Acara kedua sambutan Ketua RT 02/07. Disini Pak Wuryono menyampaikan tentang ucapan terima kasih kepada warga RT 02/07 atas partisipasi menyambut HUT RI ke-71 serta kepada panitia pitulasan yang menyemarakkan HUT RI 71 dengan berbagai lomba dan Jalan Sehat.

Acara ketiga cerita Sejarah kemerdekaan Indonesia oleh Bapak Sutarto. Di sini beliau menyampaikan bahwa umat Islam sangat  berperan dalam merebut kemerdekaan sekaligus mempertahankan kemerdekaan. Seperti usaha Jendral Soedirman yang sangat luar biasa mengusir Jepang dan Belanda. Salah satu putra Muhammadiyah yang menjadi Jendral pertama di Indonesia. Semua misi perang dia selesaikan sempurna. Bung Tomo yang mempertahankan kemerdekaan dari Belanda di bumi Surabaya. Dia sanggup mengobarkan jiwa semangat tanah air dan mengumpulkan semua pahlawan untuk berperang. Sebelum perang Bung Tomo dan semua gerilyawan meneriakan Takbir 3 kali dan Merdeka 3 kali. Sebelum ditutupnya cerita sejarah, Bapak Sutarto meneriakkan Takbir 3 kali dan Merdeka 3 kali yang harus diikuti semua warga secara semangat.


Acara selanjutnya, pembagian hadiah lomba oleh panitia pitulasan. Ada 11 lomba untuk anak-anak dan 2 lomba untuk ibu-ibu.


Tepuk tangan dan tawa ceria anak-anak di atas panggung terlihat bahagia karena mendapatkan hadiah. Semua anak mendapatkan hadiah, bahkan yang tidak menang lomba sama sekali pun diberi hadiah. Seperti Alfan, Ifan, Arik dan Ichan.

Dan anak yang paling banyak memenangkan lomba adalah Yovan. Selamat buat anak-anak yang memenangkan lomba pitulasan kali ini.


 Acara puncak makan-makan sekaligus pembagian doorprize jalan sehat. Menu makan-makan tirakatan ini sego gurih ayam goreng dengan ciri khas asem-asem pedes. Di sela-sela makan, dibagikan pula doorprize Jalan Sehat. Ada 120 doorprize yang disediakan untuk peserta yang beruntung. Keseruan pun memuncak, semua sorak-sorak deg-degan, tak hayal juga ada yang kecewa karna nomor undiannya meleset. Dalam doorprize ini 10 mahasiswa KKN mendapat doorprize. Untuk 3 Hadiah Utama disabet oleh:

1. Bp Suparno
2. Ibu Mariyem
3. Nada

Dari 120 hanya tersisa 3 kupon yang ngandang. Panitia pun memberikan celengan hias untuk yang tidak dapat doorprize.

Keseruan tawa sorak-sorai kebersamaan warga RT 02/07 berkumpul di malam tirakatan HUT RI ke-71. Tirakatan ditutup dengan doa bersama untuk kemajuan Indonesia oleh Bapak Danuri. (laporan: Sigit Munandar)

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

Popular Posts